Penerapan Fisika dalam Dunia Hiburan

Selama setahun terakhir ini saya meneliti konsepkonsep fisika suatu taman hiburan. Saya terkejut sekali, ternyata suatu taman hiburan model Disney Land, Disney World ataupun Dunia Fantasi sangat kaya dengan konsep Fisika. Mereka dapat dijadikan laboratorium raksasa untuk mata pelajaran Fisika.

Kita mulai dengan roller coaster. Dalam wahana ini penumpang naik kendaraan yang tidak bermesin. Kendaraan ini dinaikkan ke puncak bukit pertama dengan menggunakan semacam ban berjalan (conveyor belt). Lintasan naiknya dibuat tidak terlalu curam karena kita tahu semakin curam lintasan, semakin besar daya motor penggerak ban berjalannya (biaya yang dikeluarkan lebih mahal). Puncak bukit pertama dibuat lebih tinggi dari puncak bukit selanjutnya ataupun dari tinggi loop. Tujuannya agar kendaraan mempunyai energi potensial yang cukup besar sehingga mampu melintasi seluruh lintasan dengan baik.
gambar roller coaster (sumber: www.ultimaterollercoaster.com) 

Ketika meluncur dari bukit pertama, penumpang dilepas dan jatuh bebas dipercepat. Agar efek jatuh bebas ini dapat lebih dirasakan, lintasan luncuran dibuat berbentuk seperti sebuah parabola (lintasan benda dibawah medan gravitasi). Gerakan turun dipercepat ini membuat jantung dan alatalat tubuh sedikit terangkat dari tempat semula (inersia). Efek inersia inilah yang memberikan sensasisensasi tertentu seperti semangat rasanya mau terbang, timbul rasa mual dsb.

Memasuki loop, penumpang dihadapkan pada loop yang berbentuk seperti tetes cair. Loop tidak dibuat seperti lingkaran penuh karena pada titik terendah loop lingkaranpenumpang akan mengalami bobot 6 kali bobot semula. Dengan bobot demikian besar, darah tidak mampu mengalir ke otak, mata berkunangkunang dan orang akan pingsan. Dengan lintasan berbentuk tetes cair, bobot maksimum yang dirasakan penumpang sekitar 3,7 bobot semula. Bobot sebesar ini tidak terlalu berbahaya bagi penumpang. Dipuncak loop penumpang berada pada posisi terbalik. Penumpang tidak akan jatuh karena gaya sentrifugal (arah ke atas) yang dirasakan mampu mengimbangi gaya berat akibat tarikan gravitasi bumi.
gambar loop

Gaya sentrifugal yang dirasakan penumpang bukan hanya pada loop saja, tetapi juga pada belokanbelokan tajam yang dibuat sepanjang lintasan. Ketika penumpang berbelok kekanan, penumpang akan terlempar ke kiri. Sebaliknya ketika berbelok ke kiri penumpang akan berbelok ke kanan. Orang akan terpental lebih keras jika berpegang eraterat pada batang pengaman, karena itu agar lebih nyaman banyak penumpang membiarkan tangan mereka bebas sambil berteriakteriak.

Keluar dari roller coaster kita lanjutkan perjalanan ke Swinging boat atau Korakora. Berbeda dengan roller coaster, Korakora tidak meluncur di atas suatu lintasan besi. Korakora bergerak bolakbalik seperti sebuah bandul. Di lintasan terbawah Korakora terdapat suatu ban yang mendorong Korakora agar selalu dapat berayun dengan sempurna. Setiap kali korakora berayun turun, seperti pada roller coaster, penumpang mengalami berbagai perasaaan : ngeri, mual, hilang semangat dsb. Perasaan atau sensasi terbesar akan dirasakan oleh penumpang yang duduk dibarisan belakang, karena penumpang ini akan jatuh bebas dengan percepatan maksimum. 
gambar kora-kora

Capai berteriak karena ngeri dan mual, kita masuk ke arena bombom car atau mobil senggol. Arena ini merupakan arena terbaik untuk belajar tumbukan. Mobil senggol bergerak dengan tenaga listrik yang diperoleh dari jalajala listrik diatasnya. Pada tongkat penghubung mobil dengan jalajala sering terlihat percikan listrik akibat tegangan listrik yang sangat tinggi pada jalajala ini. Percikan terlihat ketika hubungan tongkat ini dengan jalajala terputus. Karena energi yang diperoleh tiap mobil sama, maka mobil berpenumpang ringan relatif dapat bergerak lebih cepat. Agar ketika bertumbukan, Anda merasa nyaman maka disekeliling mobil diberi ikat pinggang karet. Karet ini akan menerap efek tumbukan. Ketika mobil berpenumpang ringan ditabrak oleh mobil berpenumpang berat, penumpang yang ringan akan merasakan terlempar. Hal ini sesuai dengan hukum kekekalan momentum.
gambar bom bom car

Arena The Swing atau ontang anting membawa kita mengerti konsep gaya sentrifugal. Ketika ontanganting mulai berputar, kursi ontanganting mulai membentuk sudut. Makin cepat putaran, makin besar gaya sentrifugal yang dirasakan kursi itu. Akibatnya sudut yang dibuat kursi terhadap garis vertikal makin besar. Namun ada keanehan, sudut yang dibuat kursi ini sama untuk semua penumpang, tidak tergantung pada berat penumpang Berat orang memang berusaha memperkecil sudut namun gaya sentrifugal akan memperbesar sudut itu. Pengaruh kedua gaya saling menghapuskan sehingga sudut simpangan kursi sama besar untuk berbagai orang.
gambar ontang-anting



Selesai dari ontanganting, para pengunjung bisa mengunjungi arena lain seperti Dumbo (Gajah Bledug) untuk mempelajari bagaimana sistem hidraulik; Big Wheel (Bianglala) untuk belajar bagaimana mengatur keseimbangan kursi, Air Terjun Niagara untuk belajar gerak jatuh bebas, Pontangpontang untuk belajar menggabungkan kecepatan secara vektor dan Flying Condor (Rajawali) dengan konsep katrolnya.

Luar biasa sekali bukan? Begitu kayanya pelajaran fisika dalam suatu taman hiburan! Sayang sekali jika suatu laboratorium fisika yang demikian besar kurang dimanfaatkan secara maksimal. Padahal kombinasi hiburan dan laboratorium fisika raksasa dalam suatu taman hiburan merupakan suatu hal yang mampu mengubah persepsi orang tentang fisika. Fisika tidak akan lagi dianggap sebagai suatu momok yang menakutkan, tetapi akan menjadi suatu pelajaran yang sangat asyik dan sangat menyenangkan.


Yohanes Surya Ph.D
(Ketua TOFI)
By : Prof Yohanes Surya

sumber: http://www.matadunia.id/2016/05/penerapan-fisika-dalam-dunia-hiburan.html



Komentar